Jawaban dari "apa sajakah ciri-ciri zaman food gathering,food producing,dan food perundagian?"

Apa kamu salahsatu orang yang menggunakan cara belajar dengan mencari cara menyelesaikannya di google? Jika iya, maka anda banyak temannya.

Penelitian menyebutkan bahwa pembelajaran dengan cara mendapatkan cara menjawabnya dapat meningkatkan nilai pada mata pelajaran matematika.

Web ini mempunyai 1 jawaban atas apa sajakah ciri-ciri zaman food gathering,food producing,dan food perundagian?. Silakan pelajari cara menjawab selanjutnya disini:

Apa Sajakah Ciri-ciri Zaman Food Gathering,food Producing,dan Food Perundagian?

Jawaban: #1:

Ciri-ciri pada zaman :

  • Food gathering yaitu masih bergantung kepada alam, mendapatkan makanan dengan cara berburu, perkakas yang digunakan masih sangat kasar (belum diasah sama sekali karena diambil langsung dari alam), hidup di dalam gua, hidup secara berkelompok dan berpindah-pindah (nomaden).
  • Food producing yaitu sudah tidak bergantung kepada alam karena sudah bisa menghasilkan makanan sendiri, mendapatkan makanan dengan cara bercocok tanam dan beternak, perkakas yang digunakan sudah mulai diasah, sudah mulai bisa membangun rumah, dan mulai hidup menetap.
  • Perundagian yaitu sudah pandai (pintar) membuat perkakas yang terbuat dari logam dan digunakannya dalam kehidupan, ekonomi mereka sudah baik.

Berikut Penjelasannya :D

---------------------------------------

Pembahasan :

Sekarang, mari kita bahas satu persatu zaman yang ada dalam kehidupan manusia praaksara atau manusia purba menurut Nugroho Notosusanto dan Sartono Kartodirjo!

Zaman Berburu & Mengumpulkan Makanan

Pada zaman ini, manusia praaksara masih sangat bergantung kepada alam, makanan yang mereka dapatkan bersumber langsung dari alam (food gathering). Mereka mendapatkan makanan dengan cara berburu. Contoh hewan yang mereka buru adalah gajah, badak, kerbau liar, dan hewan lainnya.

Lalu, perkakas atau alat yang mereka gunakan dalam berburu masih sangat kasar (belum diasah sama sekali) karena mereka mengambilnya langsung dari alam. Contoh perkakasnya adalah alat-alat serpih, alat-alat yang terbuat dari tulang, dan lainnya.

Mereka hidup secara berkelompok dan tinggal di dalam gua (karena saat itu, mereka belum tahu cara membangun rumah sehingga tinggal di dalam gua). Dan juga, mereka hidup secara berpindah-pindah (nomaden) untuk menyesuaikan kehidupannya dengan keadaan sumber daya alam yang ada di lingkungannya.

Zaman Beternak & Bercocok Tanam

Pada zaman ini, manusia praaksara sudah tidak bergantung lagi dengan alam karena mereka sudah bisa menghasilkan makanan sendiri (food producing). Mereka menghasilkan makanan dengan cara beternak dan bercocok tanam. Contoh hewan yang mereka ternak adalah ayam, kerbau, dan lainnya serta contoh tanaman yang mereka tanam adalah padi, dan lainnya.

Lalu, perkakas yang mereka gunakan sudah mulai diasah (diperhalus). Contoh perkakasnya adalah kapak lonjong, kapak persegi, dan lainnya. Dan juga, mereka sudah mulai bisa membangun rumah sendiri sehingga mereka mulai hidup secara menetap (tidak berpindah-pindah).

Zaman Megalitikum

Pada zaman ini, manusia praaksara sudah mulai mengenal kepercayaan kepada roh nenek moyang. Mereka melakukan upacara pemujaan untuk mengenang atau menghargai nenek moyang mereka. Karena hal inilah, berkembang yang namanya animisme (kepercayaan kepada nenek moyang) dan dinamisme (kepercayaan kepada benda yang memiliki kekuatan).

Dan juga pada zaman ini, mereka sudah bisa membuat benda yang terbuat dari batu besar. Biasanya, benda ini digunakan dalam acara pemujaan kepada nenek moyang. Contoh bendanya adalah dolmen, waruga, dan lainnya.

Zaman Perundagian

Pada zaman ini, manusia praaksara sudah pintar membuat perkakas atau alat yang terbuat dari logam dan alat-alat ini mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Contoh alat-alat yang mereka hasilkan adalah arca perunggu, nekara, bejana perunggu, dan lainnya. Serta pada zaman ini, ekonomi mereka sudah baik.

Semoga Bermanfaat >w<

---------------------------------------

Pelajari Lebih Lanjut :

Pembagian Zaman Praaksara => https://brainly.co.id/tugas/27341885

Informasi Tentang Zaman Praaksara => https://brainly.co.id/tugas/24777616

Alasan Manusia Praaksara Tinggal Dekat Sungai => https://brainly.co.id/tugas/18092690

==========================

Detail Jawaban :

Mapel : Sejarah

Kelas : 10 SMA

Materi : Bab 3 - Indonesia Zaman Praaksara : Awal Kehidupan Manusia Indonesia

Kata Kunci : Ciri-ciri, zaman, food gathering, food producing, perundagian

Kode Kategorisasi : 10.3.3

#TingkatkanPrestasimu

Ladob | TOP 10 Traditional Seychellois Foods you MUST try | Seychelles

Gimana? Sudah ketemu cara menjawab mengenai "apa sajakah ciri-ciri zaman food gathering,food producing,dan food perundagian?" kan? Semoga solusi tadi dapat membantu penyelesaian tugas teman-teman.

Posting Komentar