Jawaban dari "4. Alex mendorong lemari dengan kedua tangannya dan membutuhkan gaya sebesar 100 Newton. Jika luas s..."

Apakah anda telah tahu? Mencari jawaban tugas memakai situs online adalah pilihan jitu yang perlu dicoba.

Berdasarkan penelitian bahwa cara belajar dengan penggunaan strategi menemukan cara mengerjakannya bisa meningkatkan hasil pada mata pelajaran.

Kami mempunyai 1 cara menjawab mengenai 4. Alex mendorong lemari dengan kedua tangannya dan membutuhkan gaya sebesar 100 Newton. Jika luas s.... Monggo lihat cara mengerjakan selengkapnya di bawah:

4. Alex Mendorong Lemari Dengan Kedua Tangannya Dan Membutuhkan Gaya Sebesar 100 Newton. Jika Luas Sebuah Telapak Tangan Alex Adalah 200 Cm? Maka Berapakah Besar Tekanan Yang Diberikan Oleh Alex?​

Jawaban: #1:

Besar tekanan yang diberikan oleh Alex pada lemari dengan gaya sebesar 100 Newton dan luas telapak tangan 200 cm² adalah 5.000 N/m² atau Pa. Tekanan adalah satuan fisika yang menyatakan gaya per luas permukaan bidang tekan. Oleh karena itu besar tekanan dipengaruhi oleh gaya dan luas bidang tekan.

Pembahasan

Tekanan adalah besarnya gaya yang bekerja pada luas bidang tekan.  Tekanan dilambangkan dengan P dan satuannya Pascal (Pa) atau N/m². Besarnya tekanan pada suatu ebnda dipengaruhi oleh gaya dan luas bidang tekan.

Tekanan dan gaya yang bekerja berbanding lurus, sehingga semakin besar gaya yang bekerja maka tekanan yang dihasilkan akan semakin besar, dan semakin kecil gaya yang bekerja maka tekanan yang dihasilkan akan semakin kecil.

Sedangkan tekanan dan luas bidang tekan berbanding terbalik, sehingga semakin besar luas bidang tekan maka tekanan yang dihasilkan akan semakin kecil, dan sebaliknya semakin kecil luas bidang tekan maka tekanan yang dihasilkan akan semakin besar. Contohnya paku yang runcing akan memberikan tekanan yang besar, sehingga akan mudah untuk menembus kayu.

Sehingga persamaan untuk menghitung besar tekanan adalah:

[tex]P = \fracFA[/tex]

Dengan:

  • P adalah tekanan (Pa atau N/m²)
  • F adalah gaya yang bekerja pada balok atau berat balok (N).
  • A adalah luas penampang balok (m²).

Diketahui:

  • F = 100 N
  • A = 200 cm² = 0,02 m²

Ditanya:

  • P = ....?

Jawab:

[tex]P = \fracFA \\\\P = \frac100 N0,02 m^2\\\\P = 5.000 N/m^2[/tex]

Jadi, besar tekanan yang diberikan Alex pada lemari adalah 5.000 N/m² atau Pa.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang tekanan maksium yang di hasilkan oleh balok, pada: https://brainly.co.id/tugas/47488106
  2. Materi tentang besar tekanan benda, pada: https://brainly.co.id/tugas/47475335
  3. Materi tentang besar tekanan zat padat yang dihasilkan berdasarkan ketentuan luas bidang alas tekannya, pada: https://brainly.co.id/tugas/21131095

Detil jawaban

Kelas: 8

Mapel: Fisika

Bab: Tekanan

Kode: 8.6.3

#AyoBelajar

LOUISA MODELS - Alex Zinchenko

Louisa models

Posting Komentar